Header Ads


7 Wisata Murah di Jogja Yang Wajib Dicoba!

RajaTravel99 - Terhitung sejak Maret 2020 pandemi berhasil melumpuhkan setiap sendi kehidupan manusia, mulai dari himbauan bekerja, belajar, dan beribadah harus dilakukan di rumah. Kalau liburan? Ya di rumah saja. Tempat wisata yang biasanya ramai setiap weekend harus tutup total untuk menghindari kerumunan pengunjung. Sebagaimana himbauan pemerintah, berkerumun sama dengan mengundang virus corona datang.

7 Wisata Murah di Jogja Yang Wajib Dicoba!

SahabatQQ: Agen DominoQQ Agen Domino99 dan Poker Online Aman dan Terpercaya


Membicarakan corona memang tiada habisnya sehingga mending bikin rencana liburan after corona usai. Nah berikut tempat wisata murah di Jogja yang bikin pikiranmu kembali segar setelah adanya pandemi corona.


1. Ingin merasakan wisata bak benteng Takeshi Jepang? The Lost World Castle jawabannya

Harga tiket     : Rp 25.000/orang

Lokasi              : Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta

Jam buka        : 06.00 – 1800 WIB

Dari nama destinasinya saja sudah bisa ditebak tempat ini seperti apa. The Lost World Castle menawarkan keindahan bangunan mirip Benteng Takeshi. Asal usul dari nama benteng ini sendiri untuk mengenang sebuah peristiwa kelam yaitu letusan gunung Merapi yang memusnahkan sebuah desa bernama desa Kuharjo. The lost world bermakna hilangnya desa tersebut dan castle bermakna kastil yang dibangun di atas lokasinya.

Walaupun lokasi wisata berada di lereng gunung Merapi, antusis wisatawan tidak pernah surut karena setiap hari selalu saja ada yang datang hanya untuk sekadar berswa foto. Tempat yang menarik dan pastinya instagramable untuk menghiasi feed membuat The Lost World Castle banyak digandrungi seperti spot Paradise Gate, lukisan 3D, landmark dunia, dan objek kapal black pearl.


2. Penat dengan kerjaan dan kuliah ditambah pandemi yang tak kunjung usai, coba rasakan dingin dan segarnya Bukit Klangon

Harga tiket     : Rp 25.000/orang

Lokasi             : Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta

Jam buka       : 24 Jam

Daerah yang berada di kawasan dataran tinggi ini memiliki udara dingin dan sejuk, ditambah dengan pemandangan yang super mantap akan membuatmu sejenak rileks dan melupakan sumpeknya kerjaan. Jangan lupa jika datang ke bukit Klangon pakailah pakaian tebal jika tidak ingin kedinginan.

Kawasan bukit Klangon yang tinggi membuat para pengunjungnya bisa menikmati pemandangan Gunung Merapi dengan jelas. Selain itu hamparan kebun milik warga yang tumbuh subur ditambah pepohonan yang rimbun akan memanjakan mata para pengunjungnya.

Berbagai macam kegiatan wisata dapat dilakukan disini, di antaranya bersepeda pada arena downhill . Selanjutnya adalah kawasan untuk memanjakan pengunjung yang suka mendaki. Pendakian ini aman dilakukan juga oleh anak-anak karena jarak tempuhnya yang singat dan medan yang ditempuh juga tidak berbahaya.

Bukit Klangon juga menyediakan tempat berkemah yang cocok untuk pengunjungnya.


3. Cobalah foto aestetik ala penghuni istana, Tamansari Water Castle bisa jadi jawabannya

Harga tiket     : Rp 5.000 – Rp 10.000/orang                                                                  

Lokasi             : Jalan Tamanan, Patehan Kraton, Yogyakarta

Jam buka       : 08.00 -14.00 WIB

Ingin merasakan wisata bak penghuni istana? Tamansari jawabannya. Pengunjung akan disuguhkan bagunan unik dan aestethic disini. SahabatQQ

Bangunan yang berdiri pada tahun 1758 – 1765 ini awalnya bernama “The Fragrant Garden”, memiliki luas lebih dari 10 hektar dan dikelilingi sekitar 57 bangunan diantaranya gedung, kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air, danau, pulau buatan, hingga lorong bawah tanah. Sekali masuk ke Tamansari pengunjung akan disuguhkan bangunan yang menyerupai bentuk kerajaan kuno, pemandangan inilah yang banyak dicari sebagai spot foto aestetik.

Bagian dalam Tamansari dibagi menjadi 4 kompleks, yang pertama danau buatan yang letaknya berada di sebelah barat, lalu di sebelah selatan danau buatan terdapat pemandian Umbul Binangunan, di bagian selatan Umbul Binangunan terdapat Pasarean Ledok Sari dan Kolam Garjitawati, yang terakhir di bagia timur pemandian Umbul Binangunan dan Kolam Garjitawati merupakan danau dengan pulau buatan serta jembatan gantung dan kanal.

Jika kalian berpikir lokasinya terdengar rumit sulit dijangkau maka kalian salah, keempat lokasi tersebut memiliki petunjuk arahnya masing-masing dan jika kalian berminat ada tour guide yang bisa disewa.


4. Jurang Tembelan Kanigoro bisa jadi referensi liburan setelah corona yang murah meriah

Harga tiket     : Rp 2.500/orang

Lokasi             : Dukuh Kanigoro, Mangunan, Bantul, Yogyakarta

Jam buka       : 24 Jam

Jurang Tembelan tergolong tempat wisata baru namun pariwisata yang ada di dalamnya memiliki potensi yang menjanjikan. Hal ini terbukti setiap weekend tempat wisata yang berada di daerah Mangunan ini selalu dipadati wisatawan lokal.

Dengan harga tiket yang murah dan pemandangan yang disuguhkan tak kalah dengan pariwisata lainnya, Jurang Tembelan menyediakan spot foto instagramable buat kalian pecinta fotografi. Seperti spot sayap kupu-kupu dengan background berupa pohon-pohon rimbun yang membuat hasil bidikan kalian kece maksimal.

Lokasi yang masih jarang terjamah karena baru dibuka membuat Jurang Tembelan masih asri baik suasana maupun kondisi alamnya. Jurang Tembelan mengandalkan keindahan alamnya sebagai daya tarik para pengunjung. Untuk kalian pecinta wisata alam, jangan lewatkan destinasi wisata ini ya!


5. Pahitnya kopi pinggir jalan dan romantisnya malam di Malioboro setidaknya bisa melepas penatmu seharian

Harga tiket     : Gratis (Bayar parkir aja)

Lokasi             : Jalan Malioboro, Yogyakarta

Jam buka       : 24 Jam                                

Tempat wisata ini menjadi andalan kota Yogyakarta karena katanya kalau belum ke Malioboro berarti belum ke Jogja. Malioboro yang letaknya strategis membuat pengunjung bisa kesana kemari mengunjungi tempat wisata lainnya seperti Museum Vandenberg, Taman Pintar, Keraton Yogyakarta, Masjid Agung, dan lain sebagainya.

Malioboro sebenarnya jalanan yang digunakan untuk orang-orang berjualan dan berwisata baik di pagi atau pun malam hari, destinasi ini juga tidak pernah sepi pengunjung apalagi ketika diadakannya event budaya.


6. Tebing Breksi yang bisa membuatmu merasakan Jogja di lain sisi, jangan lupa masukkan ke list liburanmu

Harga tiket     : Rp 2.000 – Rp 5.000/orang

Lokasi             : Dusun Groyokan, Sambirejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta

Jam buka       : 05.00 – 18.00 WIB

Destinasi yang baru saja diresmikan pada tahun 2015 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono ini dahulunya adalah daerah tambang untuk bahan bangunan.

Breksi ini memang tempat wisata yang hanya berupa tebing saja dan cenderung kurang romantis daripada wisata lainnya di Jogja namun kalian perlu memasukkannya ke list destinasi favorit kalian. Walaupun begitu fasilitas yang ada di Breksi cukup lengkap, area parkirnya aman, tempat ibadah, kamar mandi, dan tidak ketinggalan pedagagang makanan.

Untuk para pecinta fotografi kalian bisa membidik spot-spot keren di setiap sudut Tebing Breksi. Terdapat guratan-guratan bekas peralatan tambang di sisi-sisi tebing akan terlihat menarik saat di foto, di beberapa titik terdapat ukiran yang menampilkan karakter wayang dan naga akan terlihat aesthetic di foto.

Di bagian tengah terdapat gelanggang mirip Colloseum Italia yang biasanya digunakan untuk pagelaran dan konser. Naik ke bagian atas kalian akan mendapati anak tangga yang sekilas biasa saja namun spot foto paling diburu. Agen Domino99

So, buat kalian para pemburu foto aesthetic langsung datang ke Tebing Breksi ya!


7. Berlibur sekaligus belajar sejarah? Monjali cocok untuk jadi tempatnya

Harga tiket     : Rp 10.000 – Rp 15.000/orang

Lokasi             : Jalan Ring Road Utara, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta

Jam buka       : 08.00 – 16.00 WIB

Jika membicarakan tentang Monumen pasti yang ada di pikiran adalah pahlawan, sejarah, dan segala hal yang ada di masa lalu. Pas banget buat kalian yang mau mengenal sejarah Indonesia lebih dekat maka Monumen Jogja Kembali jawabannya.

Dengan harga tiket yang bersahabat, kalian sudah bisa melihat dan merasakan secara langsung perjuangan pahlawan kita dahulu merebut kemerdekaan RI. 

Kalau kalian masuk ke Monjali, kalian akan disuguhkan film dokumenter terlebih dahulu oleh tour guide dan kabar baiknya tour guide dapat disewa secara gratis. Setelah itu kalian akan diajak berkeliling melihat diorama peristiwa-peristiwa penting yang ada di Indonesia. Di luar monumen juga terdapat taman, kolam ikan, dan tempat makan yang bisa dikunjungi pengunjung. Mau berlibur sekaligus belajar? Monjali jawabannya.


Nah itulah 7 tempat murah dan recommended yang bisa kalian datangi selepas corona usai. Stay healthy!a

Tidak ada komentar