Header Ads


11 Wisata Kuliner di Bali Yang Menjadi Incaran Wisatawan

RajaTravel99 - Bali sebagai pusat pariwisata Indonesia yang di banyak di kunjungi juga turis dari mancanegara, selain wisata alam nya. Bali juga dikenal dengan wisata yang tidak kalah menariknya yaitu kuliner.


Kuliner bali memiliki spektrum yang sangat luas. Ini karena luasnya spektrum pasar yang ada di pulau dewasa itu. Mulai dari turis mancanegara dari berbagai belahan dunia, turis domestik dari berbagai daerah, dan tentu juga warga bali sendiri.

Untuk itulah ada berbagai macam jenis tempat kuliner bali bisa ditemui. Mulai dari masakan lokal bali, masakan nusantara sunda mang engking, dan masakan barat macam pasta dan turunannya. Selain soal varian menu, kuliner bali juga memiliki varian lokasi. Mulai dari dataran tinggi, sampai tepi pantai dan tepi sawah.

Pilihan Lokasi Kuliner Bali

Berikut ini beberapa tempat wisata kuliner Bali yang bisa dicoba untuk memulai petualangan rasa di Pulau Dewata ini.

1. Wana Restaurant


Kuliner bali satu ini sangat unik, pengunjung makan ditemani singa. Wana Restaurant yang memiliki konsep cukup ekstrem. Pasalnya, restoran ini hadir dengan suasana dan pemandangan hutan, lengkap dengan binatang buas di area restoran. Bahkan dalam beberapa saat, jarak hewan itu hanya seakan tersentuh, hanya terpisah kaca pembatas.

Terletak did alam kawasan Bali Zoo, desain interior bergaya tradisonal dengan sentuhan ornamen kayu, menjadikan Wana Restaurant ini terasa nyaman dan bakal bikin kamu betah belama-lama di sini.

Untuk pilihan menu, kuliner bali ini cukup beragam. Pengunjung bisa menjumpai makanan tradisional Indonesia seperti sop buntut serta ayam rempah. Selain itu, tersedia pula nasi goreng mawut, ikan acar kuning, dan lontong cap go meh. Karena pengunjung Bali Zoo bukan hanya orang Indonesia, pihak restoran juga menyediakan menu internasional, seperti pizza.

Alamat : Bali Zoo, jalan Raya Singapadu, Gianyar.
Jam Buka : setiap hari, pukul 09.00 – 22.00.
Harga per Orang: Rp 100.000-Rpp 200.000

2. Madu Sari Restaurant


Dari namanya, tentu bisa ditebak konsep yang diusung tempat kuliner bali ini. Restoran Madu Sari Mountain Kintamani berada di ujung kawah Gunung Batur. Saat pengunjung berada disini, akan disuguhi oleh pemandangan Gunung Batur yang begitu menawan.

Menghabiskan waktu di Madu Sari Mountain Restaurant tidak hanya sekedar mengenyangkan perut, tetapi dapat memiliki momen-momen yang berkesan. Pengunjung dapat memilih tempat duduk di bagian manapun, karena setiap sudut dari Madu Sari memiliki view yang sedap dipandang.

Kuliner bali ini menyediakana berbagai menu untuk sarapan dan makan siang. Aneka menu kombinasi antara bumbu tradisional dan modern akan memanjakan lidah. Saat-saat sarapan dan makan siang akan terasa spesial dengan aneka menu yang disajikan dengan cara buffet atau prasmanan bergaya Eropa. SahabatQQ

Alamat : Jalan raya Penelokan, Batur, Kintamani, Bangli.
Jam Buka : setiap hari, pukul 08.00 – 16.00.
Harga per Orang: Rp 100.000-Rpp 200.000

3. The Deck Cafe


The Deck Cafe Nusa Lembongan itu adalah salah satu tempat kuliner bali yang tidak hanya menawarkan makanan Internasional yang lezat tetapi juga menawarkan keindahan alam ketika menikmati makanannya. Tempatnya berada di dekat laut. Bahkan ketika berada di tepi café & bar itu, kita bisa langsung melihat jernih laut.

Bertengger di lereng bukit Nusa Lembongan di sepanjang trotoar di atas pantai Jungut Batu. Ketika matahari akan tenggelam saat senja hari manambah kecantikan di tempat kuliner bali ini. Waktu senja memanglah waktu yang paling tepat untuk menikmati sunset di The Deck Café & Bar. Perahu yang datang dan pergi juga menambah keindahan dari arah pantai.

Menu Koktail yang dibuat dengan teliti adalah minuman utama mereka. Semua roti yang dipanggang sendiri terbuat dari bahan local. Lalu disajikan di atas piring-piring kasual. Makanan-makanan internasional adalah menu yang disajikan di sini.

Alamat : Batu Karang Lembongan Resort & Day Spa, jalan Danau Tambingan
Jam Buka : setiap hari, pukul 07.00 – 22.00.
Harga per Orang: Rp 100.000-Rpp 200.000

4. Café Pomegranate


Kuliner bali Cafe Pomegranate berkonsep semi outdoor. Terletak benar benar di tengah sawah. Unutk mencapainya tidak bsia memakai mobil, harus jalan kakai atau ojek sepeda motor. Justru ini nilai tambah dari keseruan café ini. Ketika musim panen tiba, pengunjung bisa melihat aktivitas petani saat memanen padinya. Demikian juga sebaliknya saat musim tanam padi

Di arah barat terlihat Bukit Campuhan. Pemandangan di sana sangat indah penuh dengan ilalang bersembunyi di balik deretan pohon kelapa yang rindang tepat di atas Sungai Campuhan. Saat matahari terbenam, kelap kelip lampu villa di Bukit Campuhan terlihat sangat menakjubkan menghiasi kesejukan malam di Cafe Pomegranate.

Menu di kuliner bali ini sangat variatif. Mulai dari juice, beer, salad, pizza, mie, kopi, berbagai macam desserts, dan masih banyak lagi. Masalah harga, cukup terjangkau. Bervariasi antara belasan ribu rupiah hingga mencapai angka Rp70 ribu.

Alamat : Jalan Subak Sok Wayah, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali
Jam Buka : setiap hari, pukul 09.00 – 21.00.
Harga per Orang: Rp 50.000-Rpp 100.000

5. La Laguna


La Laguna Canggu menjadi kafe pinngir pantai yang menarik perhatian para pengunjung. Kuliner bali ini memiliki beragam koleksi karavan vintage yang sangat menakjubkan. Karavan ini sangat cocok dipadukan dengan pemandangan Pantai Berawa. Ada jembatan kayu besar yang membentang di atas Laguna Pantai ini menjadi fitur utama andalan La Laguna Bali

Setiap hari ada orang mengabadikan foto kala melewati jembatan ini. Spot foto di jembatan ini memang spot sempurna untuk dipajang di media sosial. Ada juga bnayak tempat fotogenik di sini. Atau sebenarnya hampir setiap sudut tempat ini adalah fotogenik dan instagenic.

Kuliner bali ini menawarkan menu Eropa. Diantaranya: Long island ice tea, Pina colada, Mojito, Softdrinks, Beef tataki, Gazpacho soup,Chicken crunch salad, Sardinas tapas, Calamari ala romana, Rib eye, The french spread, dan Seabass.

Alamat : Jalan Pantai Kayu Putih Berawa, Tibubeneng, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali
Jam Buka : setiap hari, pukul 09.00 – 24.00.
Harga per Orang: Rp 100.000-Rpp 200.000

6. Kampoeng Bali


Waktu terbaik untuk menyantap makanan di kuliner bali ini adalah ketika malam hari. Pengunjung tidak hanya bisa menjumpai menu makan malam yang menggugah selera dengan beragam sajian tradisional khas Bali. Pihak restoran menyediakan pertunjukan tarian kecak yang begitu kental sebagai representasi tarian tradisional Bali.

Sebagai restoran dengan konsep terbuka, hampir semua yang ada di restoran ini dihadirkan secara terbuka. Pengunjung berkesempatan untuk melihat secara langsung proses pemasakan makanan. Konsep ini hampir begitu mirip dengan open kitchen. Hanya saja, suasana yang dihadirkan oleh Kampoeng Bali Restaurant terkesan lebih tradisional namun tetap terlihat elegan.

Menu yang ditawarkan di kuliner bali ini didominasi eretan kuliner tradisional khas Bali. Bagi pengunjung non muslim, kalau mau, pengunjung bisa pula memesan babi guling yang disajikan dalam kondisi utuh. Selain itu, juga dapat pula mencicipi kuliner khas Bali lainnya, seperti lawar, sate lilit, asinan buah, bebek betutu, tum bebek, dan lain-lain.

Alamat : RIMBA Jimbaran BALI, Jl. Karang Mas Sejahtera, Jimbaran, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali
Jam Buka : Senin, Rabu, dan Jumat, pukul 06.00 – 10.00.
Harga per Orang: Rp 100.000-Rpp 200.000

7. Bele Udang


Bale Udang Mang Engking dikenal sebagai tempat makan dengan suasana yang menarik. Di sini pengunjung tidak hanya akan disuguhkan dengan sajian makanan yang lezat. Namun Juga dibarengi dengan suasana ala pedesaan yang menyegarkan pikiran. Bale Udang Mang Engking tampil beda dengan nuansa tradisional. Menawarkan alternatif suasana makanan yang beda di Bali.

Bale Udang Mang Engking tampil beda dengan nuansa tradisional. Menawarkan alternatif suasana makanan yang beda di Bali, membuat kepopuleran resto ini terdengar di mana-mana. Bahkan sudah ada franchise yang tersebar di beberapa titik-titik di Jawa dan Bali menjadi salah satu tempat keberadaan tempat ini.

Kuliner bali unik ini menawarkan menu tradisional nusantara. Diantaranya udang goreng tepung, udang bakar kecap dan udang rebus, semuanya terasa nikmat di lidah. Ada juga gurami bakar madu, kepiting telur asin, kerang, ayam goreng serundeng, sayur asem, nasi putih. Untuk minuman ada fantafloat, jus alpukat, es kelapa, es teh manis, es sarang singaraja dan lain-lain.

Alamat : Jl. Raya Goa Gajah, Peliatan, Ubud di Kabupaten Gianyar.
Jam Buka : setiap hari, pukul 06.00 – 10.00.
Harga per Orang: Rp 100.000-Rpp 200.000

8. Warung Wardani


Nasi campur tak hanya mudah ditemui di pulau Jawa. Kuliner Bali Bali juga punya nasi campur berlauk komplet. Bedanya, di sana nasi campur terdiri dari nasi putih lawar sayur, ayam besisit, sate lilit, telur pindang, dan sambal.

Nasi campur milik Warung Wardani, arung makan itu sudah legendaris. Warung ini sudah ada sejak tahun 70-an. Pelayanan yang baik menjadi salah satu penunjang mengapa warung ini dipilih oleh pengunjung bahkan artis ibu kota, seperti Diah Permata Sari, Maya Estianti, Katon Bagaskara, dan masih banyak lagi artis lainnya.

Menu andalan yang ditawarkan warung kuliner bali ini adalah nasi campur ayam, nasi campur sapi dan nasi campur keduanya. Satu porsi nasi campur disajikan dengan nasi putih, ayam suir, sate lilit ayam, udang goreng tepung, telor rebus bumbu Bali, sayur kacang panjang dan sambal.

Alamat : Jl. Yudistira No.2, Dangin Puri Kauh, Kec. Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali.
Jam Buka : setiap hari, pukul 08.00 – 16.00.
Harga per Orang: kurang dari 50.000.

9. Warung Padang Kecag


Sebagai sebuah warung kuliner bali murah meriah, Padang Kecag Candidasa menawarkan suasana makan yang begitu sederhana. Pengunjung akan menjumpai bangunan semi terbuka layaknya sebuah bangunan joglo yang biasa dijumpai di Jawa Tengah sebagai area makan para tamu. Pihak pengelola restoran juga menyediakan gazebo di area taman.

Meja yang menjadi tempat makan juga tidak terasa spesial. Meja kayu disertai dengan 2 kursi kayu. Lantai dari warung makan ini juga hanya berupa ubin biasa, layaknya bangunan zaman dulu. Untuk mempercantik suasana interior, pihak pengelola mempercantik ruang makan dengan keberadaan tanaman hijau di berbagai penjuru.

Menu yang disediakan di kuliner bali di Candidasa ini juga cukup beragam. Bebek betutu menjadi pilihan favorit para pengunjung restoran. Apalagi, bebek betutu sudah lama dikenal sebagai makanan tradisional yang khas dari Bali. Selain itu, pihak restoran juga menyediakan deretan menu khas nusantara lainnya seperti sate, kuah kari, salad tradisional khas Bali, dan lain-lain.

Alamat : Jl. Mendira di Candidasa, Kabupaten Karangasem, Bali.
Jam Buka : setiap hari, pukul 09.00 – 21.00.
Harga per Orang: Rp 100.000 – Rp 150.000

10. Dapur Bunda


Konsep Dapur Bunda ini adalah tempat makan rumahan. Baik dari gaya bangunan, pelayanan, hingga menu yang ditawarkan. Kuliner bali ini menggunakan Interior classic-vintage, seperti rumah bernuansa jaman dahulu.

Restoran yang terbagi menjadi 2 bagian, yaitu lantai atas dan bawah ini kental suasana klasik dengan berbagai furnitur kayu serta properti antik. Ada beragam properti antik yang tampak pada restoran yang identik dengan warna biru dan coklat ini. Antara lain tv, lampu, mesin tik, radio, cermin serta properti antik lainnya.

Untuk menu di kuliner bali ini pilihan nasinya ada 3 jenis, yaitu nasi putih, merah, serta kuning. Lauk yang tersedia pun beragam untuk dipilih, mulai dari olahan ayam, ikan, perkedel, hingga tempe. Sajian sayurannya pun tak kalah beragam, dikarenakan restoran ini lebih ingin menonjolkan menu sehat serta vegetarian.

Alamat : Jl. Sri Wedari No.4, Ubud, Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali.
Jam Buka : setiap hari, pukul 10.00 – 22.00.
Harga per Orang: Kurang dari Rp 50.000

11. Keramas Aero Park


Keramas Aero Park Gianyar adalah sebuah lokasi kuliner bali yang tidak hanya menawarkan aneka menu hidangan yang enak dan murah, tapi juga tempat makan dengan suasana yang unik. Dimana para pengunjung bisa menikmati suasana kuliner di dalam sebuah pesawat terbang yang sesungguhnya.

Saat masuk kawasan Restoran, hal pertama yang dirasakan adalah memasuki areal bandara. Disana terparkir sebuah pesawat Boeing 737- 400. Adanya penampakan pesawat yang telah menjadi Ikon Keramas Aero Park Gianyar yang tampak mencolok ini, maka sekaligus menjadi daya tarik banyak pengunjung yang datang ke sana.

Menu yang ditawarkan kuliner bali unik ini beraneka macam. Diantaranya Mozarella chicken steak, chicken chassseur, beef straganoff, vegetable curry, smoke salmon crepees, grill sirloin steak, nasi goreng bumbu bali, soto ayam bali. Ada juga menu Pasta,seperti Quarto stagione pizza, carbonara pizza, balinese pizza, dan barberque pizza.

Alamat : Jl. Bay Pass Ida Bagus Mantra KM. 28, Keramas, Medahan, Kec. Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali.
Jam Buka : setiap hari, pukul 10.00 – 22.00.
Harga per Orang: Rp 100.000—Rp 200.000

Itulah sebelas tempat makan istimewa dengan sajian dan suasana istimewa yang cocok anda kunjungi ketika bertualang kuliner di Pulau dewata bali. Selamat Menikmati dan tunggu artikel selanjutnya dari kami, jangan lupa kunjungi  situs SahabatQQ Agen Domino99.

Tidak ada komentar