Header Ads


Wisata Bah Damanik Konon Bekas Pemandian Keluarga Raja

RajaTravel99 - Pemandian Bah Damanik  tidak hanya menawarkan air yang jernih dengan pasir yang putih dan juga segar. Tapi juga menawarkan keindahan alam yang alami. Tempat wisata terbentuk secara alami atau bukan dari hasil karya seorang manusia.



Konon menurut informasi dari warga sekitar, karena sangking bersihnya, air itu bisa langsung di minum tanpa harus di masak terlebih dahulu.

Pemandian Dah manik ini pada jaman dulu adalah sebuah tempat mandi raja Damanik dan juga keluarganya. Saat ini, tempat ini manjadi sebuah sumber irigasi untuk sawah masyarakat setempat hingga menjadi sebiah destinasi wisata.

Sampai saat ini, tempat ini masih di kelolah oleh keturunan raja Damanik. Para pengelolanya tetap menjaga kebersihan dan kelestarian tempat ini

Tempat ini bukan hanya cocok bagi orang dewasa saja tetapi juga cocok buat anak-anak bagi anda yang sudah memiliki keluarga dan membawa anak tidak masalah karena pemandian air manik tidaklah terlalu dalam dan juga airny sangat jernih.


Lokasi Bah Damanik

Wisata pemandian Bah Damanik lokasinya terletak di Desa Huta Lama, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Wisata ini berada di kawasan perkebunan teh PTPN Sidamanik. Lokasi ini berjarak sekitar 150 kilometer dengan waktu tempuh 4 jam dari Medan. Sedangkan bila dari kota Pematangsiantar berjarak kurang lebih 21 kilometer dengan waktu tempuh 1 jam, .

Rute Menuju Bah Damanik

Untuk perjalanan menuju pemandian Bah Damanik, apabila pengunjung berangkat dari kota Medan dapat menggunakan kendaraan bus. Pilih Bus rute menuju ke Pematangsiantar. Seperti bus intra atau sejahtera.

Dari kota Pematangsiantar di lanjutkan menggunakan kendaraan angkutan umum jalur siantar ke sidamanik. Perjalanan tersebut memerlukan waktu 25 menit, sesampai di lapangan desa hutan lama atau pasar sidamanik, melanjutkan perjalanan masuk ke jalan siamatahuting sejauh 700 meter.

Bila bertemu dengan simpang tiga silahkan belok ke arah kanan dan temukan petunjuk jalan ke lokasi wisata. Lokasi wisata tersebut berada dibawah, maka Pengunjung harus menuruni puluhan anak tangga. Setelah menuruni tangga, maka sampai lah di pemandian alam Aek Manik dimana cirinya air berwarna biru jernih dan sejuk tentunya.

Jam Buka Bah Damanik
Pemandian bah damanik buka setiap hari. Mulai pagi hari di jam 09.00 hingga tutup di sore hari pada jam 17.00.

Tiket Bah Damanik
Pengunjung bisa menikmati keindahan alam di pemandian Bah damanik segan harga yang terjangkau. Biaya tiket masuk pemandian ini hanya sebesar Rp 7.000 saja.

Fasilitas Bah Damanik
Pemandian Bah DAmanik menyediakan beberapa fasilitas yang mendukung. Seperti gazebo untuk beristirahat, kamar mandi, tempat berganti baju, dan juga cukup banyak warung yang menjajakan makanan atau minuman.

Di bah damanik tersedia semacam gubuk untuk tempat duduk-duduk bagi untuk para pengunjung serta tempat berteduh pada saat hujan turun. Di lokasi ini kira bisa melihat ukiran-ukiran gambar buatan sendiri pengelola air manik.

Daya Tarik Bah Damanik

1. Wisata Menyegarkan


Wisata Pemandian Bah Damanik lokasinya sangat mengasyikkan, keren dan menarik dikunjungi terlebih anda sedang berlibur di provinsi Sumatra Utara. Tempatnya masih asri, nampak air kolam biru, jernih dan sejuk.

Belum lagi wisata kolam di Medan ini dikelilingi pepohonan rindang sehingga setiap pengunjung berenang disini terhindar dari terik sinar matahari. Selain itu disekitar kolam juga terdapat gardu sebagai tempat istirahat pengunjung. SahabatQQ

Menariknya lagi, apabila beruntung maka pengunjung dapat berjumpa dengan segerombolan monyet. Mereka biasanya bergelantungan dan meloncat dari satu dahan pohon ke dahan pohon lainnya.

Lokasinya cocok digunakan sebagai area camping ground. Di sekitar lokasi wisata, tepatnya di ujung pemandian ada lokasi strategis. Cocok diguanakan bercengkrama bersama teman-teman sembari menikmati santapan ikan bakar lezat.

Lebih serunya lagi, untuk mendapatkan ikan, pengunjung bisa memancing atau langsung menombak ikan-ikan yang berada di ujung perairan, karena hingga sekarang lokasi tersebut masih terdapat banyak ikan.

Walaupun disebut sungai sebenarnya tempat ini tidak begitu panjang. Tempat ini menyerupai sebuah kolam, karena air mengalir begitu sangat pelan, seperti bukan sungai biasanya. Jika dilihat dari kejauhan mirip sebuah kolam renang. Hal Inilah yang menjadi keunikan tersendiri yang menarik pengunjung.

2. Sejarah Zaman Kerajaan


Sejarah Pemandian Aek Manik sebelum menjadi pemandian dan sebagai sumber irigasi sawah warga, tempat wisata pemandian Bah Damanik merupakan tempat pemandian raja Damanik dan keluarganya.

Oleh sebab itu mengapa hingga sekarang pemandian Aek Manik Simalungun Sumatra Utara masih terjaga kebersihan dan kelestariannya. Hingga saat ini kawasan pemandian masih dijaga dan dikelola oleh keturunan raja Damanik.

Makanya wisata ini disebut juga Bah Damanik, bila ditelaah makna Bah dan Aek berarti air dari bahasa Batak.

Terlihat dinding kolam seperti ada bebatuan alami ukiran relief menghiasi sisi dinding yang terlihat sudah kusam berlumut. Ada pancuran aliran air dari atas membawa air bersih dari pegunungan terlihat begitu segar.

Bahkan konon menurut warga setempat, Sangking bersihnya, air itu dapat diminum tanpa di masak terlebih dulu.

3. Main Rakit


Salah satu yang menarik di tempat ini, tersedianya rakit untuk para pengunjung. Jika ingin, pengunjung bisa menerangkan kepada anak-anak arti pepatah “Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian” dengan ‘alat peraga’ yang disediakan pengelola tempat ini.

Seperti terlihat umum dilakukan oleh pengunjung, mereka bersama teman-temannya mengunjungi pemandian Bah Damanik karena ada rakit yang bisa digunakan sambil mandi-mandi. Ada yang mengaku Sekali seminggu, sama kawan-kawan mandi-mandi ke lokasi ini.

Alasan mereka karena Airnya dari pancur mata air, sejuk.  Juga alasan lain adalah keberadaan rakit. Pengunjung mengakui, bahwa dengan adanya rakit, membuat tempat ini jadi khas.

Untuk pemakaian ‘fasilitas’, tempat ganti pakaian, rakit, pelampung dari ban, tidak dipungut biaya lagi, alias gratis.

Tips Mengunjungi Bah Damanik

Karena wisata alam ini masih dalam tahap pengembangan fasilitas, oleh sebab itu bawalah barang-barang seperlunya.

Bila anda ingin bermain air di kolam, sebaiknya titipkan terlebih dahulu pakaian serta barang berharga ke warga sekitar termasuk kendaraan pribadi bila membawanya.

Satu lagi bawa bekal makanan dari rumah ya, karena sekitar wisata belum ada warung makan juga.


Objek Wisata Dekat Bah Damanik

Selain pemandian Bah Damanik, Simalungun juga punya Umbul Manigom Nauli. Kejernihan air yang menyebul dari bebatuan dan kealamian Umbul Manigom sempat vira di media sosial. Aksesibilitas belum cukup memadai, jadi lebih baik menggunakan kenderaan roda dua.

Kalau mencari lokasi wisata yang dekat dengan Bah DAmanik, yang terdekat tentu Perkebunan Teh Sidamanik. Panorama bak permadani hijau diPerkebunan Teh Sidamanik teramat instagramable. Hebatnya lagi pengunjung tidak  dipungut retribusi.

Jadi kapan anda punya waktu buat menjajal sensasi berendam dia pemandian kerajaan di Sumatera Utara ini?

Pastikan pemandian Bah DAmanik,sebagai objek yang di jajal, ketika berkunjung ke ProvinsiSumatera Utara ya Sahabat Agen Domino99.

Tidak ada komentar